Mengenal SYIDA`I

Sejarah lahirnya Syiar Dai Indonesia (SYIDA`I) tidak terlepas dari kiprah KODI DKI Jakarta. Berawal dari program unggulan KODI yakni Pendidikan Kader Muballigh (PKM) telah lahir para dai/ah yang hingga tahun 2022 tercatat sekitar 1.400 alumni dan tersebar di Jabodetabek dan sekitarnya. Ekistensi dakwah para alumni yang semakin meluas menjadi spirit kuat untuk mendirikan wadah dakwah jam’iyah agar lebih terorganisir dalam syiar Islam yang rahmatal lil alamin.

Dalam perjalanannya, lahirlah wadah Forum Komunikasi Alumni (FORKA) PKM KODI DKI sejak 2007 hingga 2020. Pada perkembangan selanjutnya nama FORKA yang semula hanya forum komunikasi alumni, berubah menjadi Syiar Dai Institute melalui Muktamar Pertama yang diselenggarakan di Marc Hotel Jakarta, Selasa, 20  Agustus  2019 M/19 Dzulhijjah 1440 H dan terpilih sebagai Ketua Rakimin Al-Jawiy beserta pengurus terpilih lainnya dengan masa khidmat 2019 – 2022.

Muktamar Pertama Syiar Dai Indonesia (SYIDAI) ini lahir dan dibidani oleh KODI DKI Jakarta, agar para alumni yang notabene dai/ah ini dapat melebarkan sayap dakwahnya baik dalam skala lokal, regional, nasional maupun internasional. Kendati pun KODI dan SYIDAI memiliki hubungan kemitraan dan kesejarahan seperti ibu dan anak, namun SYIDAI adalah organisasi otonom dalam mengembangkan kiprah dakwahnya, baik di DKI Jakarta dan sekitarnya maupun di Indonesia.

Kemudian dalam proses legalitas formal, hasil muktamar yang menamakan lembaga Syiar Dai Institute itu ditolak oleh Kemenkumham RI, kemudian berubah menjadi Syiar Dai Indonesia atau disingkat dengan SYIDA’I.

Adapun legalitas SYIDA’I saat ini dalam bentuk akta notaris : Kemenkumham RI No. AHU-0021356.AH.01.04. Tahun 2020, Notaris : Hj. Teti Kurniawati, SH, S.Pn, M.Kn No. 02/09 November 2020. NPWP : 43.222.262.8072.000, Alamat sekretariat : Jl. Administrasi Negara I Kompleks PU No.20, RT.1/RW.7, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

 

AZAS DAN CIRI KELEMBAGAAN SYIDA’I :

Syiar Dai Indonesia (SYIDA’I) berasaskan aqidah aswaja dan pancasila  dengan sifat organisasi profesi, sosial, kemasyarakatan dan keagamaan.

VISI DAN MISI

Visi :

Terwujudnya dakwah yang kompeten (competent), memberdayakan (empowerment) dan memaslahatkan umat (virtue).

Misi :

  1. Mengaktualisasikan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Melakukan pemberdayaan masyarakat, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang kritis dan berakhlakul karimah.
  3. Mengupayakan perwujudan masyarakat yag menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia denga tetap berusaha memelihara jati diri guru diniyah serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa.
  4. Mengupayakan peningkatan kesejahteraan dai
  5. Meningkatkan hubungan dan komunikasi sama dengan intansi-instansi terkait, berbagai organisasi keagamaan, kebangsaan, kemasyarakatan dan organisasi sosial serta organisasi profesi lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

TUJUAN

Syiar Dai Indonesia ( SYIDAI ) adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah Silaturahmi, Koordinasi, Konsultasi Dan Interaksi serta Wadah Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Maka dari itu Syiar Dai Indonesia bertujuan untuk mensinergikan dai dalam dakwah lintas generasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *